Keunggulan Mesin Genset Diesel

Generator set atau lebih dikenal dengan singkatannya, yaitu genset, merupakan alat yang dapat memberikan daya listrik alternative ketika sumber daya utama tidak beroperasi karena mengalami masalah atau gangguan.

Pada umumnya, di rumah-rumah umum jarang ada orang yang menyediakan mesin genset sebagai sarana alternative ketika listrik tidak mengalir ke tempat tinggal mereka karena selain harganya cukup menguras isi dompet, besar dari mesin ini juga memakan banyak tempat.

Namun keberadaannya justru lebih banyak dibutuhkan oleh para pelaku usaha, seperti di pabrik, perkantoran sampai dengan bidang industri lainnya. Ketersediaan genset di tempat-tempat bisnis tersebut dikarenakan untuk meminimalisir terjadinya kerugian karena produksi berhenti yang disebabkan pasokan listrik utama berhenti.

Genset sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yaitu mesin genset diesel dan mesin genset bensin. Untuk yang diesel, bahan bakar untuk menggerakkannya adalah solar, sedangkan mesin genset bensin memakai bensin sebagai bahan bakarnya. Lantas apa perbedaan kedua jenis mesin tersebut?

Mesin genset bensin

Untuk mengkonversi bensin menjadi tenaga listrik, maka jenis mesin genset satu ini membutuhkan percikan bunga api dari celah busi layaknya proses mesin pada kendaraan bermotor. Ketika bahan bakar bensin sudah bercampur dengan udara, maka kedua zat tersebut akan memicu pembakaran berupa gas dan diubah dalam bentuk energy. Di pasaran tersedia banyak sekali pilihan genset bensin mulai dari tipe dan merek, seperti jual gensek Perkins Jakarta yang bisa Anda temukan dengan mudah.

Mesin genset diesel

Berbeda dengan mesin genset bensin, pada mesin genset diesel membutuhkan udara panas sebagai bahan kompresi yang disalurkan melalui saluran khusus untuk memulai pembakaran bahan bakar solarnya. Selain itu, dalam mesin ini tidak membutuhkan karburator seperti pada mesin genset bensin melainkan boshpom atau pompa injector.

Dari keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, akan tetapi tidak sedikit yang lebih senang menggunakan atau juga merekomendasikan menggunakan mesin genset diesel daripada mesin genset bensin. Hal ini dikarenakan faktor kenyamanan dalam pemakaiannya. Berikut penjelasan kenapa mesin genset diesel lebih disarankan daripada mesin genset bensin, beserta keunggulan pemakaian mesin tersebut.

Salah satu merek terbaik genset diesel adalah genset perkins, untuk harga jual genset perkins tergantung dari wilayah atau lokasi Anda seperti harga jual genset perkins Jakarta berbeda dengan harga jual genset perkins Surabaya.

Keunggulan mesin genset diesel

Jika di waktu dulu ada beberapa kelemahan dari mesin genset diesel jenis lama, produk-produk keluaran terbaru sudah banyak mengalami perkembangan dan menutup celah kelemahan tersebut, seperti faktor harga yang relatif mahal dan suara bising yang dihasilkan.

Sekarang ini, produk mesin genset diesel terbaru lebih tenang dan tidak terlalu bising dibandingkan dengan keluaran model lama dan dapat bersaing dengan mesin genset bensin. Selain itu, mesin genset diesel tidak mudah aus serta perawatannya pun lebih mudah dibandingkan mesin genset bensin. Salah satu hal yang menyebabkan kemudahan perawatan pada mesin genset diesel adalah tidak terdapatnya karburator dan penggunaan busi yang dapat menimbulkan korosi di bagian dalam mesin.

Walaupun digunakan dalam waktu yang cukup lama dengan tuntutan produksi energi yang besar, kekuatan mesin genset diesel lebih dapat diandalkan dibandingkan dengan mesin genset berbahan bakar lainnya.

Selain itu, biaya penggunaan bahan bakar untuk memproduksi energi listrik yang dihasilkan juga lebih irit dibandingkan mesin genset bensin karena secara umum bahan bakar solar lebih konstan pada saat pengonversian bahan menjadi energi.

Dalam hitungan konversinya, pengonsumsian bahan bakar solar secara umum hanya 7% saja, sehingga jika dibutuhkan tenaga listrik sebesar 20kW, maka bahan bakar solar yang diperlukan hanya sebanyak 1,4 galon saja (20 kW x 7% = 1,4 galon/jam).

Dikarenakan lebih konstan dan tidak cepat panas, maka umur dari mesin juga lebih awet serta mampu beroperasi lebih lama tanpa harus menunggu untuk kembali dingin dibandingkan dengan mesin genset berbahan bakar bensin. Selain karena tidak digunakannya busi dan karburator seperti pada mesin genset  bensin, dalam mesin genset diesel juga tidak mengenal sistem electrical iginition starter.

Bahkan dengan ukuran yang lebih kecil, produksi energi yang dihasilkan juga kurang lebih sama dengan jumlah energi yang dihasilkan dengan menggunakan mesin genset bensin yang berukuran lebih besar. Tidak hanya itu saja, banyak mesin genset diesel yang lebih digunakan di berbagai kondisi, seperti pada saat terjadinya bencana alam atau sebagai instalasi militer atau pada bidang pertanian.

Memang semuanya akan tergantung dari persepsi dan kesukaan masing-masing pengguna, namun jika harus membutuhkan mesin dengan tenaga besar dan kuat serta irit, maka ada baiknya untuk lebih menggunakan mesin genset diesel dan carilah merek genset diesel yang berkualitas seperti di toko jual genset perkins Jakarta.

Category:

Share:

Join the discussionSHARE YOUR THOUGHTS